Membuat Sendiri IP PBX (part 1: instalasi)

Standard

Ah tidak susah membuat sendiri IP PBX, tidak perlu tergantung TrixBox atau AsteriskNow.

Berikut adalah yang perlu anda lakukan untuk membuat sendiri IP PBX:
1. Download ippbx-src-p4-0.1.tar.gz dari http://www.voiprakyat.or.id/pub
2. Extract di /usr/local/src
3. Baca dan ikuti langkah-langkah dalam file INSTALL

Yang perlu disiapkan adalah:
1. Fresh install Ubuntu server 7.10 pada mesin dengan prosesor Intel Pentium 4
2. Ubuntu server anda itu terhubung ke Internet, bisa download file (apt-get)

Agar lebih mudah memahami cara kerja IP PBX dan dapat langsung mencoba kehandalannya anda dapat membeli card AX100P yang harga nya sekitar Rp. 300.000,- an di pasaran. Tancapkan AX100P pada slot PCI yang anda yakin tidak sharing IRQ dengan slot PCI lainnya sebelum memulai mengikuti panduan dalam file INSTALL. Sambungkan line telepon dari Telkom atau dari extension line PBX analog anda ke port AX100P tersebut.

Bantu saya untuk menyempurnakan file INSTALL, apabila anda menemukan langkah-langkah yang kurang sesuai atau anda mengetahui langkah yang lebih baik silakan beri komentar di posting ini.

Selamat mencoba !

About these ads

52 thoughts on “Membuat Sendiri IP PBX (part 1: instalasi)

  1. [fg]

    part 2 nya mana? buruan Ton, gw mau bikin VoipRakyat Perjuangan neh.. Hehehe.

    Awesome tutorial.

  2. luf

    mas anton mw tanya klo dari yg saya baca….ini inisialisainya kita dah punya server web n hosting sendiri yah?mohon penjelasan mas….

  3. ini instalasi dari fresh install Ubuntu server 7.10, hanya itu saja kebutuhan minimal nya

    sbnr nya ga ada hubungan langsung sih antara server web n hosting sendiri, jadi ga punya pun ga masalah

  4. luf

    jadi yg dimkasud butuh koneksi internet itu, untuk donlod paket2 yg dibutuhin buat instalasi ippbx??[ask loh sory klo salah],niatnya sih bwt coba jaringan lokal dulu mas mknya tnya2 ini….salam kenal yah mas…koq dlu gak pernah liat mas anton yah d kampus hehehehe :)

  5. ya, untuk install2 nya aja, lebih tepat nya hanya untuk apt-get, tentu aja bisa kalo repo nya diganti ke CD jd ga ke internet, tp ini urusan anda dan ubuntu :)

    dari stt ?
    hmm.. saya jarang kuliah

  6. luf

    oh klo repo sih ad koq lengkap….hehehe iy mas dari kampus yang sama tpi skrg ganti kulit jdi ITT n kebetulan saya juga setuju klo tekno voip terus dikembangin biar biaya telpon tuh semakin murah n telkom dan kroni2nya gak bertingkah ini kan jaman demokrasi, mas kirim k e-mail yah contact nya mas anton…. mksih…saya coba yah

  7. @joen
    dengan sebuah alat, namanya ITG (Internet Telephony Gateway), alat ini punya port yang terhubung ke jaringan IP dan port yang terhubung ke jaringan non-IP (ke PBX biasa)

    ITG bisa berupa appliance hardware atau sebuah komputer (yang sudah di install asterisk) ditambahi card khusus

  8. om nanya dunk.. saya binun apakah voip dan ippbx itu sama?? klu beda, apa beda nya om?? tulung ya om.. makasi :)

  9. voip itu teknologi dasar nya, ippbx itu fungsi, fitur atau layanan spesifik berkenaan dengan teknologi voip

    seperti.. “mobil” dan “sedan”

  10. dimasukkan itu bagaimana yah maksuyd nya ?

    IPPBX itu sendiri mesin berbeda, dia itu software yang diinstall disebuah hardware

    mudah nya, dia itu PC yang ada card voip nya terus diinstall software, setelah itu PC itu disebut IPPBX, PBX yang juga melayani jaringan berbasis IP

  11. benu

    hhehe.. Tau aja nech …
    namanya juga buat analisa …

    ada quality pasti ada monitoring performance ..

  12. coba define yang dimaksud “kinerja” itu apa, “quality” itu apa dan “performance” itu apa, anda sendiri kemungkinan besar bisa mencari sendiri (seperti yang diharapkan oleh sistem pendidikan bangsa ini.. pada awalnya)

    kalo bertanya kinerja, quality, performance itu apa.. sama aja TA nya cuma ngetik doang ;)

  13. benu

    klo di define ya memang berbeda, karena hubungan dengan note sebelumnya bukan kata2 itu
    maksud saya ada kualitas dari VoIP itu sendiri dapat di ukur dengan menilai parameter2 yang ada dalam server itu sendiri

    namanya juga analisis :)

  14. Maksudnya saya gabungkan dengan PABX yg ada di kantor saya. Dalam IPPBX, cardnya IPPBX itu khan ada yg speksifikasinya 2 FXO dan 2 FXS. dari situ, semua line tlp masuk card, trs kluar berbasis IP dan berbasis analog ya, khan untuk analog itu portnya terbatas(cuman 2).sy ingin dari port itu saya sebarkan EXT nya ke PABX(misal Panasonix) yg sudah ada.apakah itu bisa dilakukan?jd Voip itu masuk ke PABX.

  15. chocolate

    Maz, sy minta tolong bwt TA sy ttng VoIP. Gn, sy disuruh bwt komunikasi VoIP ke tlp rmh lwt jalur PBX yng ada dikampus.Intinya cm byr biaya internet sj selebihnya kmpus yg byar biaya telp localnya.Kira2 bs ndak ya mas??Trus gmn caranya n kira2 apa aza tingkat kesulitannya??Makasi..( Bener kn aq naruhnya )

  16. bisa, kesulitannya adalah memulai mencoba tutorial dalam posting ini :)

    bila masih terlalu sulit, install aja TrixBox lalu ikuti manual nya dalam pdf yang terdapat di voiprakyat.or.id, menu download

  17. chocolate

    Pak, mksud anda kesulitannya adalah memulai mencoba tutorial dlm posting ini tu apa?? Sy bnar2 tdk tw..Trus apa anda ada saran bwt TA yg akn sy kerjakn ini ato ide untuk sy. Sebelumnya sy ucapkan terima kasih..

  18. anda udah pernah nyobain belum tutorial diatas? pasti belum deh, kalo pun udah paling dibaca2 doang hehe.. paling susah emang memulai, paling gampang emang menyatakan diri awam dan mohon bantuan :)

    mahasiswa gitu loh…

  19. HELP ME PA ANTON !! :)
    Sukses untuk pa anton,sy berharap dan berdoa semoga comment ini Bapa baca,dan saya lebih bersyukur kalo bapa email saya di nc.anwar@gmail.com.amiin.
    Pa anton sy mahasiswa politeknik negeri jakarta,sy bermaksud mengerjakan tugas akhir membuat ip pbx.Sy dapet referensi dari http://www.rowetel.com .Tapi alat itu belum saya temui di indonesia(maksudnya ip pbx yg belum disolder).Sy juga sampe sekarang muter2 mencari tempat les untuk merakit ip pbx itu memprogramnya menggunakan asterisk.(hiks…hiks..bulan agustus 2008 projek ini harus selesai).Sy sangat terbantu jika bapa memberikan solusi yg tuntas kepada saya.Saya doakan semoga bapak dibanyakan rejekinya,dan cita2 bapa terlaksana dengan mulus.Nur cholikul anwar

  20. FAHMI

    hai nama gw fahmi gw baru mau beli alat yg nama nya ip PBX di satu perusahaan besar di bandung ,,yg unk pertama kalinya saya membangun usaha di bidang telekomunikasi seperti videophone,voicephone,fax,enternet,tv kabel,mediasi tv iklan,dll dengan menggunakan 1 alat mungkin akan di dukung dgn WI MAX,, tapi jujur saya masiih bnyakk yg bingung,,klo ada yg mau menjadi teKhnisi dan penasehat hubngi saya,,unk tahap pertama saya akan tanggung semua kebutuhan pokok pada masa perusahaan berdiri,,dan pada saat perusahaan berjalan maka biaya kebutuhan pokok akan saya stop dan di gantikan dgn saham 10% dari setiap penghasilan perusahaan terimakasih..

  21. KresZ

    Pak Anton, gimana caranya VoIP server berbasis Asterisk yg sudah saya buat di Linux(Slackware) bisa dipakai dalam cakupan internet (tidak LAN saja), dengan interface web, utk keperluan pribadi(penelitian saja)…terima kasih.

  22. KresZ

    O iya maaf tambahan…keterangan saya sebelumnya itu hanya untuk komunikasi VoIP PC to PC saja pak.

  23. khoirul

    pg pak..
    mau nanya pak anton…
    mau nanya nick sedikit..
    klo sofware ip pbx tu ada batasan exstension nya ngak pak..
    trus..
    semisal ITG dengan kapasitas 2 FXO dan 2 FXS apakah bida lebih banyak portnya..
    terima kasih..

  24. Mas Anton Raharja,
    Saya baru akan mencoba untuk install IP PBX Briker ini, saya sudah download ISOnya dan sudah siap di CD komputer yang akan digunakan minim spek nya seperti apa?.
    Kemudian selain komputer, perlu perangkat pendukung apa lagi?, AX100P ini untuk penggunaan kantoran cukup layak ngga?.
    FYI, saya akan coba develop untuk kantor saya yang memiliki kantor cabang di 3 lokasi dan sudah terpasang VPN 128 Kbps saat ini, seharusnya bisa ya?.

    Salam,
    Askari.

  25. joe subekti

    mas anton, kalo boleh tau, congcurent call nya pada ippabx yg under ubuntu itu berapa ya om,

    makasih ya

  26. pak, anton saya mo tanya g mana ya caranya membuat package voip server yang di dalam nya terdapat asterik,yang sudah terkonfigurasi.dan saya mo buat GUI sendiri

  27. ramond

    pak anton gmana ya Cara instal card tdm400p?

    saya menggunakan trixbox, mohon bantuannya, saya mau angkat untuk tugas akhir..
    makasih…

  28. kenalan, ngaku orang IT tapi gaptek.
    di katnor ku 6 bulan yg lalu di pasang semacam komputer voip (kayaknya) dari kantor pusat, agar telpon antar kantor (pusat-cabang, cabang2) bisa lebih murah. sayangnya hingga kini belum difungsikan. jadi masih menggunakan pabx single line.
    TANYA :
    1. apakah ippbx bisa digunakan untuk membackup extensin pabx single line. (kurang banyak ekstension, card rusak).
    2. lo jalan di LAN bagimana komunikasi ippbx nya, menggunakan headset or pesawat telelphone biasa.
    Makasih pencerahannya

  29. Pak Anton rencana kantor saya mau pasang VoIP dimana juga akan dipasang di kantor2 cabang di seluruh Indonesia. Mau tanya:
    1. jika dibuat seperti telepon rumah yg kemudian disambung ke PC itu hardware & softwarenya yg dibutuhkan apa aja?
    2. kalo pake IP telepon itu ada tambahan hardware dan software apa aja?
    untuk hardwarenya tolong kirim beserta contoh gambar hardwarenya ya Pak Anton.
    sebelumnya makasih atas pencerahannya.

  30. sena13

    pak anton…
    untuk cara diatas, bisa tidak kalo seandainya kita make PC dengan OS windows XP??
    maaf kalo saya awam tentang voip..

  31. theare

    Salam kenal Pak Anton,

    saya bekerja di perhotelan. beru berkenalan dengan teknologi VOIP. melihat biaya telepon kami yang tinggi, saya berpikir apakah teknologi VOIP sekarang sudah bisa dipakai untuk menjadi line alternatif untuk menekan biaya telepon sekarang?
    maksudnya, apakah bisa kita call nomor telepon dari telkom atau ponsel melalui VOIP secara legal? kalau bisa, gambarannya kira2 gimana yah?

    Terima kasih.

  32. Helmi Indra Mah7yudin

    Pak anton, AX100P yang di simantap.com udah gak ada ya? kira-kira di daerah jakarta pusat saya bisa dapet dimana tuh?
    Terima kasih sebelumnya

  33. alkali

    pak anton, saya mau tanya. maklum masih awan soal VoIP. bagaimana cara masang line RJ11 PSTN ke AX100P di server voip ya ??? apakah harus pake Spliter agar line telpon bisa dibagi untuk telpon dan Server ???
    untuk Extension SIP nya cara configurasi untuk PSTN nya gmna ya ??? makasih .. kalo bisa dibalas di email aja ya pak

  34. Kalo buat VOIP IP PBX sendiri belom pernah……….di itung2 banyak yang harus di butuhun dan pasti jatohnya lebih mahal…….mending pake IP PBX punya panasonic lebih Bagus soo kalo buat coba2 tambah ilmu boleh juga

Comments are closed.