Telepon Gratis Pakai Briker

Standard

Kompas.com, Tekno, 20 November 2008.

JAKARTA, RABU - Menyusul kesuksesan software berbasis open source (OS) VoIP Rakyat, yang memungkinkan dua atau lebih orang melakukan sambungan telepon gratis, seorang praktisi IT, Anton Raharja (30), kembali meluncurkan solusi baru yang dinamakan Briker. Aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan komunikasi ini dibangun dengan basis open source.

Solusi murah yang diluncurkan 10 Agustus 2008 ini merupakan kombinasi berbagai software open source, seperti Astris, Free PBX, A2Billing, MySQL, dan lainnya. Anton kemudian memebuat software manajernya yang dapat menghubungkan semuanya. Selanjutnya, manajer ini dimasukkan ke dalam distro, sehingga saat instalansi, user tidak perlu menginstal komponen lainnya.

Berbeda dengan VoIP Rakyat yang hanya dapat dipakai untuk sambungan suara, Briker ini dapat digunakan untuk video call. Bahkan, pada Briker 1.0.3 yang rencananya akan diluncurkan dalam beberapa hari ke depan ini memungkinkan user mengirim faksimili ke user Briker lainnya di seluruh dunia.

Menurut Anton, cara menginstal software ini mudah. “Pengguna dapat mendownload langsung dan gratis di www.briker.org. Ukuran filenya hanya 300 MB, sehingga instalasi hanya memakan waktu sekitar 20 menit,” ujar Anton kepada Kompas.com, Rabu (19/11) saat menghadiri acara Asia-Africa Conference on Open Source yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta.

Guna lebih memudahkan pengguna, Anton mengaku dalam waktu dekat ini akan segera membentuk call center Briker, sehingga siapa pun yang mendapat kesulitan dapat langsung bertanya. “Inilah yang membedakan antara Briker dengan software-software alternatif, yang semuanya berasal dari luar negeri. Kami serius ingin membuat Briker menjadi sesuatu yang serius,” kata Anton.

Anton menambahkan, hingga saat ini Briker baru dapat dijalankan di kompuer atau laptop seri Pentium. Selain itu, Briker juga hanya bisa digunakan di komputer atau laptop yang memiliki prosesor tinggi, dan lebih baik jika dual processor.

HIN

About these ads

12 thoughts on “Telepon Gratis Pakai Briker

  1. Danan

    Open Source ada call centernya? Wah jangan-jangan jadi ada biayanya kayak Red Hat. Aku bilang sih mending email center, jadi kalau kita email ada yang jawab. Boleh juga orangnya bisa dihubungi lewat messenger

  2. walah, kami udah dari 2 taun lalu pak nyediain ini :) udah tertanggung, subsidi silang nya berhasil baik

    biaya ditanggung perusahaan kami (saya dan rekan)

    Briker akan selalu open source

  3. fauzi

    bang anton
    brikernya baru bisa diprosesor pentium aja y..
    wah klo amd lm bisa y..
    klo dual OS bisa tidak?
    trima kasih
    sukses briker nya

  4. hehehe….bang anton…
    saya juga punya pertanyaan yang sama kaya fauzi di atas…..

    briker bisa di sandingkan dengan OS lain ga ya….ato ga setidaknya….bisa berdiri di partisi sendiri…..
    alnya pas baca di voiprakyat kayanya ngeri bgt, sekali instal, briker bakal menghappus seluruh si harddisk tanpa bertanya lagi…..

    makanya saya sekarang masih blom berani buat nyoba….syang ma hardisk soalnya…..

    oia, satu lagi….kalo di jalankan dengan VMware, apa tetep bakal hapus seluruh HDD juga ?

    mohon di jawab ya bang anton……

  5. ali

    bang anton, kalo di briker 1.0.2 bisa gak di pake buat messengeran???settingannya gimana ya??

  6. voyu

    Ass..
    Maaf pak nganggu.saya cm pengen tanya aja ttg VoIP karena berkaitan dengan TA sy. Pak, sy kan pnya ATA NG 111.saya mw hub VoIP ke PSTN. gmn cara configurasinya pak?dan apa aja yang perlu ada bwt hal ini..

    Makasi pak.

  7. kuaci

    Cara install briker di laptop axioo neon gmn yaa….?? soalnya waktu sy ketik “install” ga mau jalan lg proses instalasinya.. thx

  8. lili

    numpang nanya bang… gimana caranya nelpon dari voip ke telpon rumah? Saya bermaksud untuk demonstrasi bagi siswa didik saya. tolong solusinya, atas jawabannya terima kasih.

  9. Irfan RS

    Salut………..
    Ada Call Center? nich contoh beramal ilmu secara nyata…
    tapi saya siap berdonatur secara suka rela, demi kemajuan bersama.
    tapi install dan settingnya tersasa sulit bagi yang awam seperti saya….
    maju terus Open Sosis..

  10. wah pak anton memang hebat……pingin menimba ilmu sama pak anton……..ada solusi buat TA gk pak….rencana mau buaat TA tentang VOIP….klo ada saran tolong kirim lewat email saya pak di ivan.fajar90@gmail.com di tunggu ya pak………….makasih

Comments are closed.