SIP Broker

SIP Broker – Keren !

Situs ini berlaku sebagai ‘router’ trafik VoIP antar ITSP, mereka, ITSP, yang terdaftar di situs ini diberi prefix yang unik. Prefix ini digunakan untuk menghubungi user yang terhubung di suatu ITSP dari ITSP lainnya. Contoh nya user FWD bisa menghubungi user yang terhubung di VoIP Rakyat dengan dial nomor diawali prefix yang terdaftar di SIP Broker.

VoIP Rakyat baru saja menambahkan dirinya kedalam daftar ITSP di situs SIP Broker. Oleh SIP Broker VoIP Rakyat diberi nomor prefix *618 yang artinya siapapun yang terhubung dari ITSP selain VoIP Rakyat dapat menghubungi user yang tergabung dengan VoIP Rakyat dengan cara dial nomor VoIP Rakyat dengan diawali oleh prefix tersebut, kembali ke contoh diatas tentang FWD, user FWD yang terhubung menggunakan softphone FWD ke server fwd.pulver.com (server FWD), dapat men-dial *61820001 untuk menghubungi nomor saya di VoIP Rakyat (20001). Tetapi tentunya bagaimana cara yang benar untuk dial sebuah nomor sangat tergantung kepada aturan masing-masing ITSP. Mungkin FWD tidak menerapkan prefix berawalan * seperti *618 begitu saja, untuk itu user di masing-masing ITSP harus menanyakannya ke bagian technical support ITSP tersebut. Menurut informasi dari halaman Help FWD, untuk dial nomor SIPBroker perlu diawali dengan prefix **275, jadi nomor lengkap yang perlu di-dial untuk menelepon nomor saya di VoIP Rakyat dari FWD adalah **275*61820001.

Daftar prefix dapat dilihat disini.

VoIP Rakyat tidak ambil pusing untuk merubah prefix * tersebut, jadi melalui VoIP Rakyat anda dapat dial *393612 untuk menghubungi server FWD di New York dan mengetahui waktu setempat. Prefix *393 sesuai daftar diatas adalah prefix yang disiapkan SIP Broker untuk FWD, seperti halnya *618 yang disiapkan untuk VoIP Rakyat.

Di link ini terdapat beberapa nomor yang dapat dihubungi untuk sekedar test saja. Beberapa diantaranya menyuguhkan layanan yang menarik seperti PBX yang tidak perlu dial extension, tetapi cukup menyebut (dengan suara kita) nomor atau tema yang diinginkan.

Selain menghubungkan antar ITSP dengan prefixing, SIP Broker menyediakan 1 hal lagi yang amat menarik yaitu inbound call dari PSTN !

Di link ini terdapat daftar nomor-nomor PSTN yang tersedia diberbagai negara yang dapat menghubungkan antara PSTN dengan VoIP beserta bagaimana caranya untuk memanfaatkannya. Sebagai contoh, rekan saya yang tinggal di Seattle, USA, dapat menelepon nomor PSTN +1-360-526-0602 dari telepon rumah atau kantornya, atau dari cellphone-nya, setelah terhubung dan ditanyakan nomor tujuannya, dial *61820001, maka rekan saya akan dihubungkan dengan nomor VoIP Rakyat saya yaitu 20001. Sekali lagi, *618 adalah nomor prefix yang disediakan SIP Broker untuk VoIP Rakyat, daftar lengkapnya dapat dilihat disini. Layanan inbound call ini menghemat biaya rekan saya untuk menghubungi saya, daripada SLI dia dapat melakukan local call ke nomor di Seattle tersebut, tetapi tentunya saya pun harus online dan terhubung dengan VoIP Rakyat.

Sangat menarik, selamat mencoba !

6 thoughts on “SIP Broker

  1. wahyu reza

    pak anton saya coba menghubungi *393612 dari voiprakyat kok tulalit ya
    *the person you are calling is unavailable, please try again gitu balesannya
    kenapa ya?

    Like

  2. teddy

    gimana sih cara memasang voip rakyat dan perangkat apa saja yang digunakan, makasih

    Like

  3. hardi

    Maaf baru….
    Mengubungi nomor voip USA misalnya, dari PSTN Indonesia berarti harus bayar pulsa internasional?

    Like

  4. sleepless Post author

    hmm.. setau saya sih ga ada yang resmi deh
    kalo saya sih paling pake IM3 nelp ke nomor2 PSTN sipbroker atau ipkall
    lumayan Rp.310,- per 6 detik, ngobrol nya jangan lama2 :D

    Like

  5. Ammu Raihan

    Kalau dari Indonesia ada enggak Pak No. PSTN yang bisa dihubungkan ke FWD atau VOIP Rakyat?

    Makasih atas infonya.

    Ammu Raihan

    Like

Comments are closed.