Uh.. perpanjang SIM

Maret lalu saya harus memperpanjang SIM setelah telat 1 bulan (1 bulan nakal jalan2 kemana2 ngga pake SIM yang valid).

Perpanjang SIM di Bekasi itu seperti ini:

1. Ke ruang fotokopi, fotokopi KTP 2 lembar, bayar Rp 1.000,-
2. Ke ruang kesehatan untuk mendapatkan surat sehat, bayar Rp. 10.000,-
3. Ke ruang asuransi untuk mendapatkan surat asuransi, bayar Rp. 15.000,-
4. Ke ruang keuangan, bayar Rp. 60.000,- (SIM baru Rp. 70.000,-)
5. Tunggu antrian untuk foto
6. Ke ruang foto untuk foto wajah dan tanda-tangan (bawa sisir sendiri)
7. Tunggu antrian untuk mendapatkan SIM baru
8. Ambil SIM baru dari loket pengeluaran SIM
9. Ke ruang asuransi untuk mendapatkan kartu asuransi (SIM baru syaratnya)

Selesai.

Total waktu yang dilalui dari menit memasuki kantor samsat Bekasi sampai dapat SIM baru adalah: tidak lebih dari 1 jam.

Total dana keluar: Rp. 86.000,- (ongkos taxi excluded).

Cepat.

Tidak ada oknum polisi nakal, tidak ada calo.

Advertisements

5 thoughts on “Uh.. perpanjang SIM

  1. Kok bisa sih ngurus SIM cepet & murah???
    Gimana caranya bang??

    Saya dah lama tinggal di Bekasi (kota), dah beberapa kali ngurus SIM (bikin SIM A & C, juga perpanjang dah 2 kali) tapi kok selalu kena pungli ya??
    Baru sampe di parkiran dah dikejar-kejar calo, pake seragam coklat lhooo (POL…).
    Dah gitu waktunya pasti aja habis seharian di Samsat Bekasi, minimal sampe jam makan siang deh baru kelar tuh SIM gue.

    Mohon petunjuk dari anda, soale saya bulan ini musti perpanjang SIM A.
    Terima-kasih ya!!!

    Like

  2. iyah sih, kayaknya gw ‘menutup-mata’ waktu nulis ini, kesenengan :p

    terus terang karena gw sudah siap 200-300rb di kantong hehe.. tau nya cuma 86rb, pungli pungli deh ;)

    murah dan cepet

    eh btw, cek kesehatan gw rasa bukan pungli deh, tapi ada aturannya, hanya saja dimanfaatkan untuk pungli itu lain lagi (tinggal tanda tangan, ga ngecek, dan rasanya hanya boleh cek disitu doang)

    Like

  3. Siapa bilang gak ada polisi nakal.
    Tarif resmi untuk SIM itu ya 60 + 15 rb itu.
    Yang 10 rb untuk mendapatkan surat sehat itu pungli.

    Kalo gw dulu, perpanjang SIM di kantor Samsat (dekat rumahnya Afri) semua pungli sudah disatukan di satu loket.
    Langsung diminta 90rb, dikasi surat2 .. trus gak dipungli lagi.
    Tapi tetap aja pas diverifikasi dengan tanda terima uang ya jumlahnya gak segitu.

    Pungli aja menggunakan teknologi Single Sign On

    :))

    Anyway …. lihat sisi positifnya, sudah jauh membaik daripada sebelumnya.

    Like

Comments are closed.