Solusi Komunikasi Murah

Kemajuan kualitas infratruktur internet di Indonesia perlu dibarengi dengan penyajian local content yang tepat bagi para penggunanya. Semaraknya game online merupakan salah satu contoh dari pemanfaatan infrastruktur internet yang tepat di Indonesia. Kendatipun kemajuan yang signifikan masih bertaraf local, hal tersebut tidak perlu menghalangi para pebisnis dan para pengguna internet untuk berhenti berkreasi.

VoIP adalah salah satu local content yang perlu dipertimbangkan. Pada generasi telekomunikasi selanjutnya bukanlah tidak mungkin bahwa seluruh jaringan telekomunikasi akan berbasis IP, dan voice sebagai data akan ditransmisikan melalui jaringan tersebut.

Kini untuk membangun jaringan VoIP relatif lebih mudah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan kemajuan dalam pengembangan aplikasi Open Source untuk VoIP. Kemajuan tersebut begitu pesat sampai taraf dimana aplikasi Open Source yang tersedia, beberapa diantaranya, dinilai pantas untuk diterapkan dengan status produksi, bukan lagi percobaan dalam lab saja.

Asterisk dan SER adalah dua diantara beberapa aplikasi Open Source yang siap digunakan untuk membangun jaringan VoIP. Jaringan VoIP berbasis kedua aplikasi tersebut baik terpisah maupun digabungkan, dengan konfigurasi tertentu, sudah dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan bisnis apalagi untuk keperluan rumahan.

Artikel “Solusi Komunikasi Murah� dapat dibaca dalam dalam majalah CHIP edisi November 2006. Dan beberapa manual nya dapat pula diperoleh dari website VoIP Rakyat.

Advertisements