VoIP Rakyat untuk 1 juta menit di 2009

Kami sedang upgrade server VoIP Rakyat untuk menggunakan opensips sebagai SIP proxy bagi asterisk. Tujuannya agar jumlah online phone per server meningkat. Dan tentunya target kami 1 juta menit served calls pada akhir tahun 2009 tercapai.

Oh ya, saya lupa kasi tau berita gembira, bahwa sampai awal desember 2008, akhir tahun 2008, resolusi 2008 tercapai ! Yaitu 500 ribu menit served calls. Akhir 2006 dengan 100 ribu menit tercapai, dan akhir 2007 dengan 300 ribu menit tercapai juga. Kami memang berusaha agar VoIP Rakyat mencapai targetnya. Dengan bantuan anda semua para pengguna VoIP Rakyat, target 2008 tercapai dengan cukup mudah.

Berkenaan dengan upgrade ini, kami mohon bantuan rekan-rekan pengguna VoIP Rakyat untuk mencobanya dan memberi kabar apa yang menjadi lebih baik dan menjadi lebih buruk. Semoga saja jauh lebih banyak berita baiknya.

Yang saya sendiri rasakan setelah upgrade:

Q: Saya di kantor blok M pakai speedy, saya merasakan kualitas suara meningkat
A: confirmed dibeberapa lokasi juga dengan speedy, dan dibeberapa ISP lain juga.

Q: Saya tidak melihat CDR tercatat
A: Awalnya demikian, hal tersebut karena perbedaan database dan struktur tabel penyimpanan data antara opensips dan asterisk, tetapi per 31 desember ini sudah beres, semalem suntuk coding akhirnya beres juga ;)

Q: Saya melihat itu status online phone nya ngaco, sama semua.
A: Betul, tidak ada lagi status dengan opensips, harus bikin sendiri tapi lom sempat, kami jadwalkan nanti-nanti saja, insya Allah sempat sebelum maret

Q: Menggunakan xlite dibelakang NAT lancar, tapi zoiper dan ekiga ngga
A: Betul, masih ada kendala dengan NAT traversal, belum semua kondisi di-test, on progress, workaround nya: jangan gunakan STUN di client (bila tersedia). Secara teknis dapat dijelaskan bahwa dengan rtpproxy maka client yang dibelakang NAT simetris tidak akan jalan baik bila client memaksa menggunakan STUN (konon ada sekitar 2% router di dunia ini berlaku seperti ini ketika melakukan NAT)

Q: Sepertinya akan ada masalah dengan transcoding (g729 ke ulaw dan sebaliknya, atau codec lainnya)
A: Barangkali begitu, sepertinya memang benar akan begitu, untuk itu kita perlu lebih banyak test

So rekan-rekan, pekerjaan rumah kita banyak :) Mohon bantu kami agar VoIP Rakyat menjadi lebih baik.

Bila ada rekan yang bersedia membantu kami migrasi dari SuSE 9.3 ke distro lain yang latest, harap kabari saya via email saya. Thx berat.

VoIP Hosting

Ah iyah, lupa lagi, mau kasi tau, sekarang di VoIP Rakyat bisa VoIP Hosting lho. Artinya, bagi komunitas yang ingin menyediakan layanan VoIP bagi member-member nya, tetapi ga punya tim teknis yang membantu, atau dana mepet buat menyediakan hardware/software/bandwidth, atau simply ga mau repot dengan urusan pelik VoIP, kini ada solusinya, komunitas bisa ikut nimbrung bareng layanan VoIP Rakyat. Komunitas cukup menyediakan konfigurasi record IN SRV dan IN NAPTR di domain sendiri, dan tentunya kontak saya untuk aktivasi dan petunjuk yang lebih detail dan teknis.

Dengan layanan VoIP Hosting dari VoIP Rakyat, member komunitas masing-masing bisa menggunakan domain selain voiprakyat.or.id, yaitu domain komunitas itu sendiri atau pilihan sendiri, misal: ngoprek.org atau diguciku.com.

Informasi detail dan teknis mengenai VoIP Hosting ini akan diumumkan di website VoIP Rakyat dekat-dekat ini, ga lupa kan alamatnya?? http://www.voiprakyat.or.id (yup, 2 tahun dengan tampang lama, belum ada webmaster).

Selamat tahun baru 2009.

Advertisements

16 thoughts on “VoIP Rakyat untuk 1 juta menit di 2009

  1. bang anton, saya coba registrasi ke voiprakyat tapi ga bisa2, karena security codenya ga keluar2.. koneksi bagus, plug n play browser lengkap tapi tetep aja security codenya ga mau keluar, minta bantuannya bang anton..
    saya coba pos di forum ga masuk2, registrasi di forum sudah bisa cuma di Voiprakyat.or.id nya ga bisa2, terimakasih sebelumnya

    Like

  2. Assalam…., mas anton.

    Mas saya butuh banget pencerahannya. Gimana yah caranya bikin extension dgn h.323 di briker..,

    udah cari kesana kemari lum dapet2 juga tutorialnya,,, :(

    Like

  3. ass wr. wb.
    salam knal mas anton
    saya adi, saya pemula dalam implementasi voip menggunakan briker ini.
    Maaf sebelumnya nech mas,ada yang saya mau tanyakan mengenai briker ini :
    Bagaimana caranya mengkonfigurasi network (ip address, subnet dan gateway) briker ini supaya bisa menjadi dynamic???
    soalnya klo baca manualnya hanya ada cara yg statis lewat mcedit.
    Mohon pencerahannya….

    thx

    Like

  4. Pak bikin voip rakyat mobile dong pak kayak skype mobile. Yakin Voip Rakyat bisa booming pak….
    Kan sangat praktis bisa internet call dari HP gitu loh kan tarif internet HP juga murah, apalagi yang unlimited. Ayo pak ditunggu terobosannya…. Bravo Voip Rakyat.

    Like

  5. halo pak anton,,saya lg tugas akhir..judul saya tentang voip briker…tapi saya kekurangan catatan2 penunjang…saya mau tanya,kapan buku tentang voip briker di terbitkan ?bisa bpk membantu saya….

    Like

  6. pak Anton
    saya mau tanya perbedaan protocol SIP dan H.323. perbedaan nya apa ??bagaimana proses kerjanya..???yang lebih unggul/baik yang mana??
    terus kepanjangan dari H.323 itu apa..??

    mohon penjelasannya..masih newbie nehh…
    terima kasih

    Like

  7. ya pas deh, ujicoba wimax kemarin itu memang untuk Hariff dan TRG, tapi mereka bilang mereka baru punya yang 16d

    anyway, thx atas info nya, akan saya jajal

    Like

  8. Oh, alatnya gak mahal pak. Cuma butuh PC biasa + Wimax peripheral. untuk cliaentnya sudah ada dipasarankan pak handphone untuk wimax (kyknya belum masuk indonesia). dan satu lagi kelebihannya adalah sekarang wimax sudah bisa seamless handover, jadi handphonenya wimax bisa handover ke jaringan 3G.

    Wimax 16.d diperuntukan untuk backhaul dan fixwireless pak jadi emang benar belum ada mobilitynya.

    Untuk perangkat ujicoba mungkin bapak bisa contact temen riset dari TRG dan HARIFF yg sedang membuat wimax made in indonesia. siapa tau bisa dapet pinjeman handset + 16e.

    Siapa tau pak, uang 300 Triliun/tahun yg katanya bakal tercapai sepuluh tahun lagi gak perlu lari keluar negeri :( tapi berputar di dalam negeri.

    Like

  9. saya kira untuk jajal menjajal sih saya selalu tertarik pak

    baru2 ini kami bantu implementasi voip dengan network Wimax 16.d, dan saya kira saya punya akses untuk mencoba lebih banyak di tempat mereka

    cukup nda itu yah?
    tidak perlu mobility nya dulu, ga punya alatnya pula ^^

    Like

  10. Halo pak anton,

    mantap, one step forward for voip rakyat.

    Untuk mencapai tujuan bapak, saya sarankan babak juga menjajal IMS pak: http://www.openimscore.org. Setelah itu coba dapatkan izin trial Wimax 16.e dari pemerintah.

    IMS+ Wimax 16.e, ini bukan voip lagi pak, sudah bener bener jaringan mobile phone seperti tsel.

    Gimana tertarik?

    BR// Seorang profesional telco yg kerja di vendor telco dan bergai 9000USD/Month.

    Like

  11. halo,

    saya tidak menyarankan anda mencoba-coba di server produksi (yang digunakan), selain itu sebaiknya siapkan PC lain untuk keperluan VoIP

    apakah bisa multi-server, bila dimaksud apakah bisa server voip, dalam hal ini asterisk, diinstall di server database mysql, jawabannya adalah bisa, dan konfigurasi asterisk tidak akan merusak konfigurasi server yang ada

    apakah bisa di OS Centos, ini juga bisa

    Like

  12. salam kenal mas Anton, saya pemula ( bahkan akan memulai ) voip, saya menangani server (di sebuah institusi) yang memiliki spec cukup handal namun saat hanya berfungsi sebagai database server (mysql)dg lalulintas data yg longgar, saya bermaksud menjadikan server tsb menjdi voip server juga (asterisk). apakah asterisk nanti tidak merusak konfigurasi server yang sudah ada??? bisakah dibuat multi server?? server menggunakan OS Centos. Terima Kasih.

    Like

Comments are closed.