Softphone Android gratis untuk VoIP Rakyat

Saya ingat beberapa tahun lalu ketika memulai VoIP Rakyat. Tidaklah mudah mencari mobile softphone atau software telepon yang dapat digunakan di handphone. Karena itu kami sangat berterima-kasih pada tim Nokia Indonesia yang kemudian meminjamkan (dan seingat saya tidak perlu mengembalikan) sebuah handphone Nokia E65 untuk dicoba. Saya juga ingat di VoIP Rakyat kami buatkan halaman khusus dan fungsi khusus yang menangani pendaftaran akun VoIP Rakyat untuk para pengguna handphone ini.

Pada waktu itu handphone canggih Nokia ini sudah dilengkapi dengan SIP stack atau SIP softphone didalamnya. Beberapa URL lawas berikut menunjukkan bagaimana kita dapat bertelepon VoIP menggunakan handphone Nokia tipe tertentu:

Seiring perjalanan waktu, handphone semakin canggih, demikian juga aplikasi-aplikasi pendukungnya. Kini fokus kita berpindah pada handphone berbasis Android. Dan dari sekian banyak aplikasi yang ada di Google Play ada sebuah aplikasi yang sangat menjanjikan untuk digunakan sebagai mobile softphone yang paling direkomendasikan untuk VoIP Rakyat, aplikasi itu adalah CSipSimple.

CSipSimple bagi saya cukup istimewa karena 2 hal berikut:

  1. CSipSimple adalah mobile softphone untuk Android yang berlisensi Open Source. Artinya source code nya tersedia bebas dan dikembangkan oleh banyak orang sehingga suatu hari ini nanti sangat mungkin akan menjadi sebuah aplikasi yang handal untuk digunakan sebagai bagian dari Next Generation Network
  2. CSipSimple dibangun dengan menggunakan sebuah SIP stack yang sedang naik daun dan rupanya dikembangkan oleh anak negeri, yaitu PJSIP.

Yang kreatif dan cukup berpengetahuan saya yakin langsung ambil source code nya disini (https://code.google.com/p/csipsimple), lalu digarap dengan menambahkan template sendiri, bahkan langsung menambahkan video codec dan mengaktifkan Video Call, bisa jadi mungkin saja turut mengikutsertakan G.729 :) Tapi ingat, lisensinya GPLv3, jadi jangan lupa untuk kontribusi balik agar CSipSimple menjadi lebih baik serta modifikasi terhadap source code nya dipublilkasikan kembali (dengan beberapa kriteria, baca petunjuk GPLv3).

Berikut adalah feature highlight CSipSimple:

  • Voice over IP, video call dan text messaging (http://en.wikipedia.org/wiki/SIMPLE)
  • Mendukung berbagai jenis codec, termasuk yang lebih jernih suaranya (wideband)
  • Mendukung secure calling dengan SIP TLS dan SRTP/ZRTP
  • Menyediakan perangkat anti masalah NAT seperti STUN dan ICE
  • Integrasi dengan Android dialer, termasuk log panggilannya

Bagi anda pengguna handphone berbasis Android, apalagi yang canggih-canggih, sempatkanlah untuk menjelajahi website VoIP Rakyat (http://www.voiprakyat.or.id), daftarkan diri anda dan gunakan CSipSimple di handphone anda.

Di URL berikut ini anda dapat membaca panduan penggunaan softphone Android CSipSimple untuk VoIP Rakyat. Anda dapat juga mengunduhnya dan mencetaknya agar lebih mudah mengikutinya.

URL panduan CSipSimple untuk VoIP Rakyat:
http://www.scribd.com/doc/152598517/Panduan-Penggunaan-Softphone-Android-CSipSimple-Untuk-VoIP-Rakyat

Pertanyaan-pertanyaan dapat kita diskusikan disini, di forum VoIP Rakyat atau di facebook VoIP Rakyat.

Selamat mencoba :)

Advertisements

One thought on “Softphone Android gratis untuk VoIP Rakyat

  1. Kapan lagi saya bertemu hacker muda Indonesia yang seperti akang? Ini pertama kalinya saya komentar di web akang. Saya bisa menggunakan Linux karena membaca buku-buku tulisan akang. Terima kasih banyak, Kang.

    Like

Comments are closed.