Data stream peer-to-peer

Lengkap sudah ser.cfg di VoIP Rakyat dengan format sedemikian rupa sehingga antar SIP phones hanya akan dimediasi bagian signalling-nya saja, tetapi data stream nya peer-to-peer.

Keuntungan pendekatan ini adalah, delay menjadi lebih rendah karena menghilangkan 1 hop yaitu server itu sendiri, dan bandwidth di sisi server tidak habis oleh data stream. Kelemahannya adalah, peer-to-peer menyebabkan peer harus memiliki bandwidth yang cukup dan link yang baik ke peer lainnya, dan ini bisa saja ke semua link yang mungkin, tidak seperti sebelumnya, hanya cukup memastikan asal bandwidth cukup dan link baik ke server VoIP Rakyat.

Anyway, saya percaya pendekatan peer-to-peer adalah yang paling baik untuk data stream realtime seperti VoIP, lagipula sudah selayaknya tiap titik di indonesia ini punya bandwidth yang cukup dan link yang baik. Bila cukup dan baik untuk VoIP, maka cukup dan baik untuk browsing, chatting dan lainnya.

Panggilan atau menerima panggilan ke/dari IAX2 phones atau ke layanan2 yang tersedia di VoIP Rakyat akan tetap melalui server karena jalur nya harus melalui Asterisk terlebih dahulu, dan di Asterisk VoIP Rakyat sudah ditetapkan bahwa canreinvite=no yang artinya semua proses call di-handle oleh server ini.

Selanjutnya dalam beberapa hari ke depan saya ingin liat bagaimana tanggapan rekan-rekan yang sudah mencoba menelepon dan ditelepon melalui SIP di VoIP Rakyat tentang ini.

Advertisements