Ngobrol, ngintip dan ngetik

Yup, VoIP Rakyat akhirnya lengkap dengan Voice, Video calls dan conference + Instant Messaging. Integrasi antara ngobrol, ngintip dan ngetik akhirnya terwujud juga. Waktu terbuang tidak-percuma adalah kurang lebih 15 jam kerja.

Bumbu masak dibalik masakan lezat ini adalah:

  • SER (SIP Express Router) v0.9.7-pre1
  • Asterisk 1.2.9.1
  • MediaProxy 1.2.1
  • LAMP

Kegiatan update fitur dan layanan ini diprovokasi oleh rilisnya X-Lite 3.0 dari CounterPath yang lengkap dengan Video dan dukungan IM. Informasinya dapat dibaca disini: http://www.voiprakyat.or.id/?inc=news&id=35

Resep bumbu nya didapat dari perkumpulan koki SIP yaitu: http://www.onsip.org

Trik nya adalah, SER berada di depan ngurusi SIP UA (softphones, usbphones, ipphones, ITG, ATA..) agar dapat handle method MESSAGE dan SUBSCRIBE yang digunakan untuk Instant Messaging. Setelah dari SER, calls kemudian akan di-forward ke Asterisk untuk di-catat dan di-terminate. Untuk pengguna IAX-based UA seperti softphone Idefisk langsung di-handle oleh Asterisk.

Kedepannya tim akan mencoba ngoprek2 seputar ser.cfg agar lebih optimal dan terkonfigurasi dengan sebenar-benarnya. Pengaturan NAT traversal kolaborasi antara SER dan MediaProxy dengan mempertimbangkan penggunaan bandwidth (related to P2P stuffs) juga menjadi fokus tim dekat2 ini.

Lebih lanjut mengenai ngobrol, ngintip dan ngetik dapat didiskusikan di VoIP Forum berikut:
http://www.voiprakyat.or.id/forum/viewtopic.php?t=56

anton

Advertisements