Hati-hati dengan IN SRV

Sungguh menarik (karena baru mengalaminya) apa yang saya temukan pagi ini. Gunakan SJphone, lakukan login ke VoIP Rakyat, kemudian klik kanan layar SJphone anda, beri tanda checklist di menu Show Log. Lakukan dial ke 901 dan amati jendela Log. Anda akan menemukan pesan error, disertai protes keras SJphone berupa alert box, yang isinya tentang status SJphone yang tidak dapat menghubungi service SIP pada port 5060 TCP.. kok TCP??…

Sebelumnya ada rekan dari VoIP Rakyat yang mengalaminya. Salah saya memang, yakin betul bahwa itu salah setup saja, sampai saya mengalaminya sendiri barulah tersadar bahwa kesalahan ada pada konfigurasi DNS untuk domain voiprakyat.or.id.

Pada awalnya di dns zone voiprakyat.or.id saya setup seperti dibawah ini:

_sip._udp  IN SRV   10 0 5060 voiprakyat.or.id.
_sip._tcp   IN SRV   11 0 5060 voiprakyat.or.id.
_sips._tcp  IN SRV   12 0 5060 voiprakyat.or.id.

Sekilas tampak biasa2 saja..

Tetapi apabila anda hanya install Asterisk saja di server anda, seperti saya hanya mengaktifkan Asterisk saja di VoIP Rakyat, maka hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi, antara lain, SJphone tidak mau dial dan X-Lite registrasi tidak stabil (kadang bisa kadang ngga).

Setelah saya rubah seperti dibawah, juga dns router dan komputer yang saya gunakan saya bersihkan cache nya (ipconfig /flushdns diwindows atau rndc flush di linux) maka segera SJPhone dan X-Lite saya normal kembali.

Konfigurasi setelah berubah:

_sip._udp  IN SRV   10 0 5060 voiprakyat.or.id.
; _sip._tcp   IN SRV   11 0 5060 voiprakyat.or.id.
; _sips._tcp  IN SRV   12 0 5060 voiprakyat.or.id.

Artinya saya disable query IN SRV untuk service SIP/TCP dan SIPS/TCP.

Sampai versi 1.2.10 ini Asterisk tidak mendukung SIP pada port TCP, hanya pada UDP. Tetapi karena prioritas query baik dari softphone maupun di konfigurasi DNS menyebutkan sebaliknya maka softphone terhubung ke port TCP 5060, bukannya ke UDP 5060. Error-lah dia.. ga ada yang tangani request di port 5060 TCP.

Softphone seperti SJphone tidak fallback ke konfigurasi yang sebelumnya jalan sehingga pesan error (alert) muncul dan kita tidak bisa melakukan apapun sampai setup DNS benar. X-Lite 3.0 agak berbeda sedikit, pada awalnya tidak bisa login sama sekali dengan pesan error 503 Service Unavailable yang artinya kesalahan terdapat di sisi server (tidak bisa terhubung ke port 5060 TCP), tetapi tidak berapa lama kemudian X-Lite 3.0 mencoba re-connect langsung ke IP server menggunakan port 5060 UDP dan berhasil login.

Advertisements

One thought on “Hati-hati dengan IN SRV

Comments are closed.