simpleWebcam v0.1 – opensource

Awalnya diminta temen bagaimana caranya agar ruang siaran JW Radio 107.6 FM Jakarta dapat dipertontonkan pada umum :).

Artinya, pasang webcam di ruang siaran, broadcast ke server, buat script yang baca data dari server, ubah ke HTML dan pasang di website JW Radio 107.6 FM Jakarta itu. So.. OK lah, gampang aja, pasang webcam nya di ruang siaran, sambungin ke PC di ruang siaran, download program webcam FTP upload, klak klik klak klik jadilah PC itu upload file gambar hasil snapshot webcam terus-menerus setiap N detik ke server FTP yang sudah disiapkan. Di sisi server, saya tinggal nulis script yang baca file gambar itu terus-menerus setiap N detik dan tampilkan dalam bentuk HTML. File HTML itu kemudian ditampilkan di website JW Radio 107.6 FM Jakarta itu.

Jadilah website JW Radio 107.6 FM Jakarta itu dilengkapi dengan sebuah block disebelah kirinya berupa tontonan menarik yang diaktori oleh para penyiar JW Radio 107.6 FM Jakarta :).

Bagaimana cara buat nya ??

Semudah cerita diatas, saya sudah menuliskan sebuah aplikasi kecil untuk kebutuhan diatas, aplikasi itu bernama simpleWebcam versi 0.1 dengan deskripsi singkat “Webcam FTP Upload Viewer”. Lisensi GPL, Open Source.

Perangkat keras yang perlu disiapkan hanyalah webcam yang bisa dikenali oleh OS Microsoft Windows (di ruang siaran mereka pake Windows XP), yang dipilih adalah webcam murah dari Taiwan/Cina tapi handal dan gambarnya jernih.

Perangkat lunak yang terlibat antara lain, di sisi client (PC di ruang siaran) adalah aplikasi yang dapat mengenali webcam, mengambil snapshot dari webcam dan mengirimkannya ke remote server via FTP, saya memilih aplikasi freeware ini: WheresJames Webcam Publisher.

Perangkat lunak di sisi server (remote server, FTP server) adalah aplikasi webserver dan FTP server biasa, saya pake webserver Apache 2.0 dan FTP server vsftpd, bekerja dengan OS Linux Debian 3. Dan aplikasi yang saya tulis dengan PHP, yaitu simpleWebcam.

Silakan di-download, di utak-atik dan digunakan :)

Sample:Â

Semoga bermanfaat.

Â

Advertisements

6 thoughts on “simpleWebcam v0.1 – opensource

  1. mas maaf neh,
    bisa minta coding yang ke html nya gk?

    saya sekarang lagi ada tugas buat njalanin webcam di php, tapi buat capture gambar..

    mohon bantuannya ya mas..
    maaf neh telat nanya nya,
    biz baru dapet tugasnya sekarang..

    Like

  2. waduh ga tau namanya, di benda nya ga ada tulisannya (ada si tulisan cina gitu), driver nya lupa namanya, bendanya ada penjepit (untuk ditaro di laptop atau dimana lah) kemudian ada lampu dan sensor cahaya (kalo gelap lampu nya nyala)

    Like

Comments are closed.