simplebwm v0.1

Linux dkk memang menarik, hebat lah. Dengan sedikit kutak katik bisa bikin bandwidth manager sendiri. Semua sudah lengkap ga perlu ada yang dibeli untuk membangunnya. Pada versi 0.1 ini, simplebwm, Simple Bandwidth Management v0.1, fungsi-fungsi dasar untuk mengatur HTB di linux sudah ada, dan memisahkan aturan bandwidth untuk internasional dan IIX juga termasuk di dalam nya. Sudah bisa lah digunakan untuk pengatur bandwidth di RT/RW Net, warnet atau bahkan ISP kecil (yang ga/belum punya cukup dana untuk beli bandwidth manager software atau hardware yang relatif mahal).

Saat ini simplebwm versi customized-nya diterapkan di ISP kami (yang kecil). Dasarnya tidak jauh berbeda, tetapi memang versi customized nya banyak sekali mengandung fitur-fitur tambahan dan mempunyai rule yang jauh lebih lengkap. Hanya saja kami tidak dapat berbagi karena itu adalah milik internal perusahaan ;) gpp kan? Kita masih bisa mengembangkannya jauh lebih canggih lagi apabila bergerak bersama-sama. Open source gitu looohh :)

Sementara saya host di URL ini, http://devel.ictcentre.net/simplebwm/
Username: admin
Password: secret

Silakan diubah-ubah, apply dan pelajari bagaimana rule-rule iptables dan tc yang di-generate oleh simplebwm. Apabila anda menemukan bahwa rule-rule tersebut kurang OK, kurang benar atau bahkan salah, mohon tanggapan dan saran2 nya.

Saat ini saya sedang menunggu approval dari SourceForge, begitu disetujui insya Allah akan segera saya publish agar anda bisa mulai menggunakannya dan mengembangkannya menjadi lebih canggih lagi ;)

note: pengembang simplebwm ada 2 orang, saya dan satu lagi adalah rekan saya di ICT Centre Jakarta, Abdul Hanan.

Salam opensource,
anton raharja

Advertisements