Awal tahun bersama playBilling

Tahun baru buat gw emang beda, setiap awal tahun waktunya nge-rilis ‘maenan’ baru :D. Tahun ini waktunya rilis playBilling, aplikasi billing untuk warnet atau provider2 hotspot.

PlayBilling berasal dari permintaan client ICT Centre Jakarta di Bontang/Kaltim yang pengen RT/RW net nya bisa seperti warung2 kopi (Starbuck de el el) di Jakarta. Pada awalnya gw mikir untuk implement Nocat (biasa, budget rendah, ICT gituuu), tetapi client mempunyai beberapa keinginan lain yang rupanya aga repot kalo di-customize dari Nocat. Sekalian deh, daripada kerja 2 kali, bikin aja aplikasi sendiri yang kerjanya pada dasarnya sama dengan Nocat tetapi kami punya kebebasan untuk mengutak-atik program-nya spesifik hingga sesuai dengan kebutuhan sang client. Om Endy Muhardin gw minta bantu untuk membuat program itu, jadilah playBilling. Gw dan Hanan mengurusi masalah2 non-Java atau di-Java nya tetapi tidak core-nya.

Seperti biasa, setelah ‘play-play’ yang lain, playBilling juga kami set berlisensi GPL.

Oh ya, gw juga udah setup Wiki untuk playBilling biar kalian bisa bantu kami memberesken masalah dokumentasi :D. Cobain yah playBilling nya, perbaiki kalo error, kunjungi dan tambahin data2 yang berguna di wiki nya, diskusikan masalah2nya di forum wifirakyat.or.id dan jangan lupa.. sama2 yuk ramein dunia opensource Indonesia.. (hehe.. gaya bener)

Advertisements