Web Phone

VoIP haruslah mudah digunakan, It just work, demikian Skype berhasil membuat layanannya amat mudah digunakan, pengguna Skype tinggal download, install, login dan siap ber-IP-telephony tanpa harus mengurusi infratruktur internet yang dimilikinya. Pengguna Skype hanya diwajibkan memiliki akses internet. NAT dan firewall bukanlah masalah besar bagi Skype, software client (softphone) yang mereka buat mampu mengatasinya dengan mudah. Rahasia ketangguhan Skype terdapat pada infratruktur jaringan P2P Skype dimana setiap softphone adalah aplikasi yang amat pintar, terkadang bekerja sebagai murni aplikasi client dan bila dibutuhkan dapat berperan sebagai server juga, selain itu si-softphone pintar ini memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan port-port yang haram untuk di-block seperti port 80 dan 443.

VoIP Rakyat jelas menuju ke arah itu. Saat ini softphone yang digunakan VoIP Rakyat mampu mengatasi NAT dengan cukup mudah, tetapi sayang tidak firewall, cukup di-block port-port yang dibutuhkan VoIP Rakyat maka layanannya akan tidak berfungsi, belum ada kemampuan untuk secara dinamis menggunakan port-port yang tidak terpakai dan tidak di-block. Softphone ini masih bergantung dengan aplikasi server-nya, padahal trik-trik mengakali NAT dan firewall lebih banyak berada di sisi client itu sendiri.

Kemudahan bukan hanya dilihat dari segi infrastruktur jaringan saja, tetapi ketersediaan berbagai aplikasi dan perangkat keras yang mendukung setiap layanan.  Interoperabilitas layanan dengan penyedia layanan IP telephony lain adalah amat penting, semakin besar jaringan maka semakin besar kemungkinan teknologi akan bertahan lama tetap digunakan oleh banyak orang. Bagi VoIP Rakyat hal ini adalah nilai lebih karena VoIP Rakyat memanfaatkan VoIP berbasis protokol SIP dan IAX yang mempunyai daftar panjang kompatibilitas dengan berbagai softphone dan hardware. Selain itu protokol SIP dan IAX adalah open-standard dengan jumlah pengembang yang sangat besar dan berasal dari berbagai industri.

Berkaitan dengan kemudahan untuk memanfaatkan berbagai aplikasi dan perangkat keras, VoIP Rakyat menambahkan satu kemudahan lagi bagi para penggunanya setelah web-based voicemail access, online status, video conference dan lainnya. Adalah Web Phone yang belakangan ini membuat para pengembang VoIP Rakyat cukup sibuk. Web Phone adalah softphone yang berbasis web, dapat dijalankan oleh browser yang mendukung activeX.

Saat ini status dari aplikasi ini adalah beta, artinya belum dapat digunakan dengan baik karena beberapa fungsi belum benar-benar bekerja, beberapa fungsi bekerja dengan baik tetapi belum di-test lebih lanjut dan beberapa fungsi lainnya disinyalir tidak stabil. Kendati demikian, Web Phone ini sudah dapat digunakan dengan stabil untuk fungsi-fungsi standar seperti proses login dan melakukan panggilan VoIP.

Web Phone akan sangat berguna bagi anda yang tidak dapat melakukan instalasi aplikasi di komputer yang anda gunakan, kondisi yang tidak jarang anda temui ketika anda berada di warnet atau kantor anda sendiri. Cukup klik link Web Phone di website VoIP Rakyat maka Web Phone akan aktif dan anda dari komputer anda dapat melakukan panggilan dan menerima panggilan VoIP.

Jantung Web Phone adalah activeX library IaxClient yang dapat diperoleh di situs ini: http://www.babarnazmi.citril.com/forum/

Syarat untuk sukses memanfaatkan Web Phone adalah pertama anda tidak block port UDP 4569 yang digunakan protokol IAX2 untuk berkomunikasi dengan server VoIP Rakyat dan kedua anda menggunakan browser yang mampu melakukan instalasi activeX secara otomatis. Tanpa port UDP 4569 terbuka untuk anda maka anda tidak dapat melakukan proses login apalagi melakukan panggilan VoIP, dan tanpa activeX yang dibutuhkan ter-install dengan baik di komputer anda, di browser anda lebih tepatnya, maka Web Phone tidak akan bekerja sama sekali.

Web Phone VoIP Rakyat dapat didiskusikan dalam topik berikut di VoIP Forum: http://www.voiprakyat.or.id/forum/viewtopic.php?t=78

Selamat mencoba Web Phone VoIP Rakyat !

Advertisements

7 thoughts on “Web Phone

  1. @Virdian

    Aku juga pake Kerio, dan untuk Skype ini memang menjengkelkan. Bandwith tersedot hampir semua, dan tercatat pada log Security.

    Untungnya, berpedoman dari info mas Anton, dari log security tersebut tercatat port yang dituju skype. Aku ambil mudahnya saja, aku catat setiap IP tujuan skype dan aku masukkan dalan traffic yang di blok dari luar (source) ke firewall host (destination). Setidalnya sementara bisa efektis sebelum mambangun firewall baru dengan Smoothwall. Selamat menconba.

    Like

  2. Saya coba pake fasilitas WebPhone Yang di sediakan voiprakyat.or.id menggunakan OpenSuse 10.2 tetapi tidak dapat digunakan, jadi hanya tampil tampilan web phonenya saja tetapi fitur ataupun tombol tidak bisa di gunakan.
    Apakah web phone di voiprakyat hanya bisa di operasikan di windows???karena di linux tidak mendukung fasilitas ActiveX.
    Mohon bantuannya karena saya kepengen mengembangkan web phone pake linux pada server voip asterisk saya.makasi sebelumnya.

    Like

  3. sayangnya gara2 ini, di kantor sy port 443 ditutup utk ‘ngeblok’ SKYPE, jadilah pengaruh ke https ,… tidak bisa akses yahoomail,gmail,ym dll … pls help, adakah cara blok SKYPE selain blok port 443? sistemnya windows kerio firewall

    Like

  4. selain itu si-softphone pintar ini memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan port-port yang haram untuk di-block seperti port 80 dan 443.

    Like

Comments are closed.