Sekilas Workshop VoIP Fundamental

Kami belajar dari Workshop Membangun Server VoIP gelombang I dan II, hari sabtu dan minggu lalu, 15 dan 16 Juli 2006. Dari 6 jam yang tersedia untuk 6 materi utama, beberapa tidak bisa disampaikan bahkan tidak sempat untuk disinggung sama sekali. Rupanya ada beberapa bahasan yang lebih digemari oleh para peserta dan hal ini menghabiskan waktu untuk bahasan lain.

Pembahasan seputar IP PBX adalah salah satu materi yang menyita banyak waktu. Materi tersebut menjelaskan tentang 3 hal penting yaitu extension, trunk dan dial plan, lengkap dengan contoh-contoh kasus dan percobaan-percobaannya. Materi lain yang tak kurang menarik adalah penggunaan perangkat VoIP, mencoba berbagai alat yang tersedia antara lain IP Phone Linksys dan IPPH, ATA PAP2T, AT-320 dan Wellgate 3504A serta ITG Octtel SP4220SO.

Materi yang berkaitan langsung dengan VoIP Rakyat tidak sempat dibahas saat itu, yaitu mengenai fungsi layanan Online Status dan Peering. Optimasi pada softphone X-Lite dan Idefisk pun bernasib sama. Sedangkan untuk materi gateway PSTN tidak fokus dalam satu waktu melainkan tergabung dalam materi penggunaan perangkat VoIP. Nasib sial (salah kami panitia) untuk yang gelombang I, tidak sempat menggunakan ITG untuk melakukan panggilan ke PSTN dan GSM.

Kami benar-benar belajar dari dua gelombang pelatihan yang lalu itu. Untuk selanjutnya materi dan jam workshop kemungkinan besar akan segera di-revisi, entah dikurangi materinya atau jam workshop ditambah dengan resiko workshop dapat berlangsung lebih dari satu hari.

Khusus untuk gelombang III dan IV, karena waktunya sudah dekat (sabtu dan minggu, 22 dan 23 Juli 2006) nampaknya kami memilih untuk mengurangi materi dan intensif pada bahasan mengenai IP PBX dan menggunakan berbagai perangkat VoIP dan softphone yang tersedia untuk mencoba konfigurasi IP PBX yang telah dibuat.

Advertisements